Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru

Posted by AllSoft Jumat, 13 Agustus 2010 0 komentar
BAB I

PENDAHULUAN



A. Latar Belakang
Dalam era globalisasi, Negara berkembang menghadapi tantangan berat dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, Iptek. Lingkungan hidup khususnya dunia pendidikan Indonesia adalah Negara berkambang yang semakin maju dan diirinngi dengan kemajuan diberbagai bidang salah satu komponen dalam mendukunng kemajuan suatu Negara adalah kemajuan di bidang pendidikan penulis mengamati para orang tua sudah semakin kritis dalam memilih lembaga pendidikan yang bermutu dan berkualitas.

Lembaga pendidikan yang baik tidak hanya mengejar ilmu pengtahuan semata tetapi juga yang lebih penting pembentukan karakter yang sesuai dengan akar budaya banngsa juga disertai dengan kecerdasan yang religius untuk itulah keberhasilan pendididkan ditunjang oleh berbagai hal yang salah satunya kemampuan memimpin dalam keharmonisan para tenaga kependidikan, di suatu lembaga atau suatu pendidikan hal ini akan terlihat satu ke satuan yang utuh dimana para orang tua tertarik untuk mencari lembaga pendidikan yng mempunyai mutu, sebagai suatu yang utuh dari sebuah lembaga pendidikan.

Penulis mencoba meneliti untuk menguraikan salah satu komponen yang mendukung keberhasilan pada sebuah lembahga pendidikan yaitu apakah ada kaitan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dalam pencapaian tujuan diatas, maka bangsa Indonesia berusaha untuk mencerdaskan sumber daya manusia yang terampil dan berdaya guna dan untuk mencapai tujuan pembangunan. Tujuan ini baik jangka pendek maupun jangka panjang terhadap penyelenggaran pendidikan nasional berdasarkan pancasila sebagai landasan hidup bangsa, pendidikan merupakan suatu pilar yang utama dalam menghadapi tantangan hidup di masa depan, tantangan persaingan ketat dunia kerja, tantangan perubahan sosial budaya yang sangat cepat berdampak pada pergeseran manusia terhadap pengetahuan.

Sekolah adalah sebuah organisasi yang kompleks dan unik sehinga memerlukan koordinasi yang tingggi, oleh sebab itu kepala sekolah yang berhasil yaitu tercapainya tujuan sekolah, serta tujuan dari para individu yang ada di dalam lingkungan sekolah. Melalui sentuhan guru disekolah diharapkan mampu menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi tinggi dan siap menghadapi tantangan hidup dengan penuh keyakinan dan percaya diri yang tinggi, sekarang dan kedepan. Sekolah ( pendidik ) harus mampu menciptakan sumber daya yang berkualitas, baik secara ke ilmuan maupun secara mental,oleh karena itu sekolah yang unggul mempunyai cirri-ciri : 1. Kepala sekolah yang dinamis dan komunikatif dengan kemerdekaan memimpin menuju visi keunggulan pendidikan, 2. memiliki visi, misi dan strategi untuuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan dengan jelas, 3. guru-guru yang berkompeten dan bejiwa kader yang senantiasa bergairah melaksanakan tugas profesionalnya secara inovatif, 4. siswa yang sibuk, bergairah dan bekerja keras dalam mewujudkan perilaku pembelajaran, 5. masyarakat dan orang tua yang berperan serta dalam menunjang pendiddikan.

Berdasarkan uraian diatas penulis merasa tertarikk untuk mengadakan penelitian yang berjudul “ Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di SMP xxx Jakarta” .



B. Identifikasi Masalah
Berasarkan latar belakang di attas, maka dapat di identfikasikan masalah-masalah sebagai berikut :
1. Bagaimanakah Kepemimpinan Kepala Sekolah di SMP xxx Jakarta

2. Bagaimanakah fungsi Kepala Sekolah sebagai pemimpin

3. Bagaimanakah fungsi Kepala Sekolah sebagai pendidik

4. Bagaimanakah fungsi Kepala Sekolah sebagai pencipta iklim kerja

5. Bagaimanakah fungsi Kepala Sekolah sebagai leader

6. Bagaimanakah fungsi Kepala Sekolah sebagai motivator

7. Seberapa besar fungsi guru sebagai pengelola pembelajaran

8. Seberapa besar kemampuan guru dalam pengembangan propesi

9. Seberapa besar guru menguasai kemampuan akademik

10. Bagaianakah kinerja guru secara umum di SMP xxx Jakarta

11. Adakah hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru



C. Pembatasan Masalah
Pembatasan masalah merupakan pembatasan penelaahan yang dilakukan oleh peneliti agar peneliti tidak menjadi luas. Untuk itu peneliti membatasi masalah penelitian dalam hal kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru



D. Perumusan Masalah
Perumusan masalah merupakan permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam penelitian ini, dalam hal ini peneliti menetapkan 2 masalahh yang bekaitan dengan penelitian yaitu :
1. Adakah hubungan yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kineja guru di SMP xxx Jakarta.

2. berapa besar pengaruh kepamimpinaan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP xxx Jakarta



E. Tujuan Penelitian

Penelitan ini bertujuan untuk :

1. Mengetahui dan menganalisis ubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kenerja guru

2. Mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolaah dengan kinerja guru.



F. Kegunaan Penelitian

1. Manfaat Akademis

Hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai pendalaman terhadap masalah-masalah yamg berhubungan dengan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru serta faktor-faktor yang mempengaruhinya


2. Manfaat Praktis
Memberikan sumbangan pemikiran yang berhungan dengan kepemimpinan kepala sekolah dalam kaitannya dengan kinerja guru

3. Bagi Peneliti

Sebagai upaya lebih mendalami masalah yang berhungan dengan ke pemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru

Download Skripsi : Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru DisiniSoft

0 komentar:

Poskan Komentar